Sabtu, 21 Mei 2011

Mahasiswa Psikologi Berkarya Untuk Masyarakat


Mahasiswa Psikologi Berkarya Untuk Masyarakat
Rangkaian acara yang dikemas dalam sebuah tema besar bernama Psychology for Humanity ( PFH ) dengan tajuk “langkah cerdas membentuk generasi berkualitas” dilaksanakan tanggal 30 April – 1 Mei 2011 tepatnya hari Sabtu dan Minggu di Boyolali dan Stadion Manahan Kota Surakarta, Jawa Tengah berlangsung sukses dan sesuai rencana. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Himpunan Mahasiswa Psikologi (Himapsi) Universitas Sebelas maret ( UNS ) Surakarta dan Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia ( ILMPI ) Jawa tengah. PFH merupakan salah satu program kerja rutin tahunan dari Himapsi Universitas Sebelas Maret  ( UNS ), kerja sama ini merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh pihak UNS dengan menggandeng organisasi mahasiswa berskala Jawa Tengah seperti ILMPI. Ikatan lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) merupakan organisasi yang menyatukan lembaga-lambaga mahasiswa psikologi yang ada diseluruh Indonesia, yang terbagi dalam beberapa wilayah diantaranya Jawa Tengah. Menurut Qoyi selaku ketua panitia PFH yang juga mahasiswa Progdi Psikologi UNS mengatakan “hal ini merupakan langkah positif untuk meningkatkan kemitraan dan memperluas jaringan dikalangan mahasiswa Psikologi di Jawa Tengah khususnya”.
Kegiatan PFH dimulai hari sabtu, 30 April 2011 dengan mengadakan kegiatan bakti pendidikan  di SDN 2 Sawahan kec. Ngemplak Boyolali. Dalam kegiatan tersebut para siswa SDN 2 Sawahan diajak bermain sambil belajar dengan kakak-kakak Mahasiswa dengan metode permainan edukatif  diantaranya menata puzzle besar, memasukkan pensil dalam botol, estafet pintar dan tebak kata. Menurut penuturan dari Qoyi selaku ketua panitia “game/permainan edukatif disini sebagai salah satu aplikasi dari ilmu Psikologi didunia pendidikan, dimana dalam belajar anak/siswa tidak harus didalam kelas dan dalam kondisi yang formal tetapi lebih dari itu siswa membutuhkan praktik dilapangan secara nyata untuk memacu kemajuan kognitif dan motoriknya”. Hampir sama dengan penuturan Ketua pantia, Koordinator ILMPI Jawa Tengah Hanang Trianto mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas semarang (USM) yang tergabung dalam tim kepanitian menuturkan “ permainan edukatif yang kami berikan, secara psikologis dapat menambah motivasi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam berkompetisi diantara yang lain sehingga menimbulkan semangat untuk berprestasi”. Setelah melakukan serangkaian permainan edukatif siswa-siswa diajak untuk foto bersama dengan seluruh panitia dan delegasi pengurus ILMPI Jawa tengah. Tiada lupa para siswa juga di berikan bingkisan yang berisi peralatan sekolah sebagai kenang-kenangan. Dian siswa kelas 3 SDN 2 Sawahan mengungkapkan” saya senang dan gembira dengan acara permainan ini dan ingin lagi acara seperti ini dikemudian hari”. Diacara penutupan pihak panitia secara simbolis menyerahkan bantuan kepada kepala sekolah SDN 2 Sawahan berupa alat-alat pendidikan dintaranya Globe, buku tulis, kapur tulis, buku cerita dan papan tulis.
Gambaran keceriaan terpancar dari raut muka siswa, guru, delegasi ILMPI Jateng dan  seluruh panitia PFH menyaksikan kelancaran dan kesuksesan acara bakti pendidikan di SD 2 Sawahan. Beranjak dari SD 2 Sawahan secara estafet panitia menyiapkan acara penyuluhan terhadap ibu-ibu desa Sawahan kec. Ngemplak kab. Boyolali yang bekerja sama dengan Pemerintahan desa Sawahan kec. Ngemplak kab. Boyolali. Penyuluhan dilaksanakan di ruang sebelah balai desa Sawahan sebagai fasilitator yakni Dra. Suci Murti karini dengan judul “langkah cerdas menuju generasi berkualitas”. Acara penyuluhan berjalan cukup menarik dengan beberapa pertanyaan yang muncul dari ibu-ibu peserta dan terjadi dialog yang cukup manarik. Sekitar satu jam setengah acara penyuluhan pun selesai ditutup dengan video refleksi tentang arti seorang ibu bagi kehidupan anak, beberapa peserta merasakan suatu keterharuan dengan meneteskan air mata dengan menghayati makna video yang diputar oleh fasilitator.
Perasaan letih terpancar dari semua panitia PFH dan delegasi ILMPI Jateng setelah acara penyuluhan selesai, tetapi wajah senyum dan raut muka yang tulus masih tetap ada dalam benak terlihat ketika mereka bersama-sama membereskan perlengkapan yang selesai dipakai dan menikmati makan siang bersama dalam nuansa kekeluargaan. Setelah Acara selesai panitia dan delegasi ILMPI bersama-sama menuju penginapan untuk beristirahat dan mempersiapkan acara di halaman stadion Manahan, Surakarta hari Minggu besok nya.
Hari Minggu 1 Mei tepat pukul 05.00 wib panitia berangkat kelokasi untuk mempersiapkan stand-stand pameran yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan yakni Psikoterapi, konseling, bazar buku murah, permainan edukatif dan tarot. Semangat dan keceriaan tetap dalam optimisme seluruh peserta dan delegasi ILMPI Jateng untuk memulai acara pada hari ini. Sebelum stand-stand dibuka untuk umum panitia dan delegasi melakukan briefing sebentar, setelah selesai briefing stand mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat baik tua, muda, remaja dan banyak anak-anak kecil dilokasi pameran. Anak-anak ramai mengunjungi stand permainan edukatif untuk sekedar bermain, menggambar  dan mewarnai. Kebanyakan anak-anak tersebut datang bersama orang tuanya. Wajah wajah senyum keceriaan terlihat dari anak-anak yang ikut mewarnai, bermain puzzle dan bermain dakon meskipun pada awalnya agak malu-malu untuk ikut bermain. Para orang tua pun tak mau ketinggalan menikmati serunya wahana pameran ini dalam acara Psychology for Humanity ( PFH ), seperti yang dilakukan Ibu Amin asal Surakarta sembari anaknya bermain para orang tua menyempatkan diri untuk mengunjungi stand psikoterapi Emotional Freedom technik ( EFT ) yang di Dikoordinir oleh Mahbub Mahasiswa jurusan Psikoterapi dan Ilmu tasawuf IAIN Wali Songo Semarang. Ibu Amin menuturkan “ bahwa dirinya merasa terbantu dengan terapi yang ia dapatkan, beliau merasakan sakit pusing dikepalanya mulai reda” selain itu beliau menuturkan acara seperti ini bagus untuk anak-anak dan orang tua “sambil jalan-jalan di Stadion Manahan kami mendapatkan terapi gratis dan sarana mencerdaskan anak-anak”. Acara berlangsung cukup ramai dan meriah, hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang antri untuk menikmati stand-stand yang telah disediakan oleh panitia.
Waktu semakin siang menunjukkan pukul 11.30 wib para pengunjung yang lalu lalang sedikit demi sedikit meninggalkan Stadion Manahan. Panitia pun menampakkan raut wajah yang cukup letih tetapi tetap tersenyum dan semangat karena kelancaran acara hari ini. Nada-nada canda dan tawa keluar dari panitia yang semakin akrab dengan delegasi dari ILMPI Jateng serasa semua merupakan keluarga besar yang lama tak berjumpa. Keceriaan dan suasana kekeluargaan panitia PFH dari Himapsi UNS dan delegasi ILMPI Jateng berlanjut dengan penutupan acara dengan penyerahan kenang-kenangan dari Himapsi UNS kepada ILMPI Jateng dan tak lupa foto-foto bersama untuk mengabadikan momen indah yang sangat berkesan menjadi acara yang tak kan dilewatkan bagi seluruh panitia dan delegasi ILMPI Jateng.
Sebuah nilai dan pengabdian pada masyarakat yang ditunjukkan oleh Himapsi Universitas Sebelas Maret dan ILMPI Jawa tengah merupakan sebuah wujud nyata kepekaan intelektual dan emosional yang jelas bermanfaat  bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah aksi yang layak mendapat apresiasi dan standing applaus dari kita semua masyarakat Indonesia disaat Negara ini dilanda krisis kepekaan terhadap sesamanya.
            Pengirim
            SELAMET RIYADI

Koordinator Badan Informasi dan komunikasi Eksternal Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi ( ILMPI ) Jateng 2011-2012
Delegasi  dari :
BEM Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus dalam acara Psycology for Humanity (PFH) yang diselenggarakan Himapsi UNS dan ILMPI Jateng 2011-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar